Minum Suplemen Kolagen Harian Bisa Bikin Awet Muda, Benarkah?

Luxthione ID — Konsumsi kolagen tambahan banyak direkomendasikan untuk menjaga agar penampilan tetap cantik dan awet muda. Maka, tak heran, saat ini suplemen kolagen sudah menjadi barang wajib untuk teman sarapan atau pelengkap makan malam para wanita cerdas Indonesia nan dinamis. Tapi benarkah konsumsi kolagen harian membuat Anda awet muda?

Cek faktanya di bawah ini.

 

Fungsi Kolagen dalam Tubuh

Anda bisa mengumpamakan kebutuhan kolagen dalam tubuh seperti pelumas pada kendaraan. Jika tidak cukup pelumas, tentunya kondisi gir dan rodanya jadi seret serta sulit dikendalikan, bukan?

Begitupula dalam tubuh manusia. Lazimnya, pelumas berupa kolagen ini diproduksi oleh tubuh secara natural dengan bantuan konsumsi makanan sehari-hari dan paparan udara serta matahari yang segar. Tetapi menginjak usia 30 tahun, produksi kolagen akan berkurang drastis.

Untuk itulah Anda perlu menambalnya. Bisa dengan asupan makanan, bisa juga dengan bantuan kolagen.

 

Ragam Sumber Kolagen

Ada banyak sumber kolagen yang bisa dipilih untuk menunjang keperluan tubuh. Pada umumnya sumber kolagen terbagi antara kolagen hewani dan nabati.

Kolagen hewani mengunggulkan manfaat tulang rawan dan enzim yang keluar dari rebusan kaldu ikan serta daging merah seperti anak kambing atau sapi. Dipercaya, mengonsumsinya dalam dosis tertentu setiap hari bisa menambah umur. Inilah salah satu alasan di Tiongkok banyak sup-sup kesehatan yang dipercaya bisa membuat awet muda. Rupanya, mereka menggunakan manfaat kolagen!

Versi lain yang lebih mutakhir adalah menggunakan zat dari protein nabati seperti ganggang biru, spirulina, juga buah-buahan kaya enzim pemecah seperti apel. Dipercaya, versi nabati ini lebih cepat diterima tubuh dan memberikan manfaat yang lebih terasa karena tidak memberikan residu lemak.

 

Kata Riset tentang Kinerja Suplemen Kolagen

Lalu, bagaimana kinerja suplemen kolagen untuk membuat awet muda menurut ilmu pengetahuan? Untuk itu, kita bisa memeriksa faktanya dari beberapa jurnal.

Banyak percobaan yang menunjukkan manfaat potensial dari asupan kolagen untuk segala hal mulai dari osteoartritis sampai perbaikan kulit. Satu studi tahun 2008 dari Penn State University menemukan bahwa atlet yang selama enam bulan mengambil suplemen kolagen terhidrolisis (yaitu protein kolagen yang telah dipecah menjadi asam amino yang mudah dicerna) mengalami lebih sedikit nyeri sendi selama aktivitas dan saat istirahat.

Penelitian serupa telah menghubungkan suplemen kolagen dengan penurunan tingkat nyeri punggung atau nyeri lutut pada orang-orang dengan osteoartritis. Mengonsumsi suplemen kolagen benar-benar dapat meningkatkan kadar kolagen dalam tubuh Anda.

 

Imbangi dengan Gaya Hidup Sehat

Seperti yang telah ditunjukkan oleh para peneliti nutrisi berkali-kali dalam diet lemak, hanya karena suplemen mengandung suatu nutrisi, bukan berarti tubuh Anda akan menyerap sepenuhnya nutrisi tersebut. Semua bergantung pada gaya hidup Anda juga.

Jika Anda ingin mengembalikan kolagen, selain suplemen biasakan pula untuk mengonsumsi kolagen alami dari makanan dan mengurangi pilihan gaya hidup yang merusak kolagen saat Anda menua. Ini termasuk merokok, kadar gula darah tinggi, paparan sinar matahari, dan penambahan berat badan.

Bagikan Artikel ini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *