Minum Suplemen Kolagen Jangan Bersamaan dengan Kopi, Ini Sebabnya

Luxthione ID — Jika Anda adalah konsumen aktif suplemen kolagen, Anda mungkin memilih untuk meminumnya pada pagi hari. Pasalnya, rasa segar vitamin C yang ditambahkan dan juga efek refreshingnya memang bisa membuat pagi Anda jadi super semangat. Tapi bagi Anda para peminum kopi pagi, mungkin ada dilema tersendiri. Bolehkah minum suplemen kolagen bersamaan dengan kopi?

Untuk menjawab itu, Tim Luxthione melakukan sedikit riset mengenai efek kopi terhadap kolagen. Jawabannya cukup mengejutkan: minum suplemen kolagen jangan bersamaan dengan kopi. Apa sebabnya?

Efak Kafein bagi Glutathione

Suplemen kolagen terbuat dari molekul glutathione yang sengaja dibuat kecil-kecil agar bisa cepat diserap tubuh. Meski begitu, ukuran molekul glutathione terhitung lebih besar daripada molekul zat lain. Karena itulah suplemen kolagen paling pas diminum, dan bukan dijadikan krim atau olesan bagi kulit karena tidak akan cepat diserap oleh lubang pori-pori karena ukurannya tersebut.

Yang unik, meski besar-besar, glutathione juga sangat rapuh. Nah, sifat kafein yang keras dan menyerap nutrisi bisa menghancurkan molekul glutathione. Sehingga sebelum sempat diserap oleh tubuh, gluta keburu mati dan bergabung bersama sekresi. Sayang, bukan?

 

Jadi Haruskah Berhenti Minum Kopi?

Mengonsumsi suplemen kolagen membawa banyak manfaat bagi tubuh, mulai dari mengencangkan persendian hingga menggelontor lemak serta tanda-tanda keriput. Tapi meski para ilmuwan tidak menganjurkan meminumnya bersamaan, nyatanya Anda tidak harus berhenti minum kopi.

Lho, bagaimana? Mudah saja. Kuncinya, Anda hanya perlu meminum kopi dengan jeda 5 jam sebelum atau sesudah minum Glutathione. Dalam jendela 5 jam itu, nutrisi sudah selesai terserap dan terpecah dalam tubuh. Sehingga, Anda tidak perlu merisaukan risiko ada percampuran zat yang merusak satu sama lain. Kerja lancar, kulit pun tetap terawat!

 

Minuman-Minuman Lain yang Juga Tidak Baik bagi Kolagen

Tapi tahukah Anda, bukan hanya kopi yang tidak disarankan diminum dekat-dekat konsumsi kolagen?

Dua zat yang menjadi musuh bagi molekul glutathione adalah kafein dan kalium. Kafein memang dekat dengan pengertian kopi, tapi sesungguhnya bisa juga Anda temukan dalam teh dan cokelat. Sehingga, hindari meminum dua minuman lezat ini dekat-dekat konsumsi kolagen Anda.

Sedangkan kalium paling banyak ada pada buah-buahan sejenis pisang. Kalium bisa menggelontor manfaat kolagen yang dapat mengencangkan. Ini juga bisa ditemukan pada buah dan sayuran seperti kangkung dan tomat.

Jadi, sudah tahu ‘kan mengapa sebaiknya minum suplemen kolagen jangan bersamaan dengan kopi?

Bagikan Artikel ini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *