Wajib Tahu: 8 Stimulan Kolagen yang Direkomendasikan untuk Kulit Anda

Luxthione ID — Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh pu menurun drastis. Akibatnya, muncul keluhan-keluhan seperti penuaan, keriput, kulit menggelambir, tidak elastis, bahkan persendian yang terasa kaku. Maka dari itu para ilmuwan merekomendasikan minum suplemen kolagen setiap hari. Tapi selain itu, apa sih stimulan kolagen yang baik untuk kulit Anda?

Meski suplemen kolagen dinilai sudah cukup untuk menambal kebutuhan tubuh, dengan bantuan stimulan kolagen yang cukup, kulit Anda jadi lebih cepat kembali mulus, kenyal, halus seperti remaja. Jadi, yuk simak 8 stimulan kolagen unggul di bawah ini!

 

1) Hyaluronic acid

Hyaluronic acid banyak kita dengar di bahan-bahan skincare dan kecantikan. Dan Anda mungkin mengasosiasikannya dengan bahan kimia yang rumit-rumit. Tapi tahukah Anda, hyaluronic acid bisa didapat dari konsumsi sehari-hari?

Anda bisa menemukan bahan stimulan kolagen satu ini pada tanaman yayng mengandung banyak amino acid. Contohnya adalah kacang-kacangan, umbi-umbian, dan kedelai. Makan sebesar satu genggam tangan anak-anak saja, hyaluronic acid Anda akan tercukupkan, lho!

 

2) Vitamin C

Fakta penting: tubuh manusia tidak bisa memproduksi Vitamin C secara alamiah. Karena itulah, Anda perlu mengonsumsi vitamin C dari luar secara konsisten bersama diet harian Anda.

Vitamin C banyak ditemukan pada buah-buahan seperti jeruk dan anggur. Juga, sayuran hijau yang berserat. Inilah alasan banyak suplemen kolagen yang mencampur formulanya dengan Vitamin C. Karena sebagai zat pengikat, kolagen pun butuh Vitamin C untuk mendongkrak kekokohan molekul dan produksinya dalam tubuh.

 

3) Aloe vera gel

Aloe vera gel mulai menduduki popularitasnya kurun waktu 3 tahun ini. Selain nyaman di kulit, aloe vera juga bisa mengobati keluhan iritasi seperti kulit kemerahan, terbakar karena sinar matahari, bahkan psoriasis ringan.

Nah kabar baiknya, Anda juga bisa menggandakan manfaat ini dengan mengonsumsinya dalam rupa makanan. Menyegarkan dari dalam, jeli lidah buaya ini bisa membantu pengikatan kolagen pada sendi dan lapisan kulit kita.

Jika Anda malas mengupas dan mengeruk lidah buaya mentah, bisa juga Anda mencari jeli atau nata de coco dari lidah buaya yang biasa dijual di pasaran. Pastikan yang tidak mengandung bahan pengawet berlebih, ya.

 

4) Ginseng

Ada alasan ginseng dipercaya sebagai obat tradisional mujarab sejak ribuan tahun. Pasalnya, konsumsi umbi panas ini secara rutin bisa meningkatkan produksi kolagen dalam aliran darah.

Ginseng juga punya manfaat anti peradatan dan anti oksidasi. Ini berarti, ginseng bisa menghentikan penuaan pada skin-skin kulit. Baik sebagai teh maupun untuk dijadikan bumbu makanan, percayakan ginseng sebagai kawan bagi produksi kolagen dalam tubuh Anda.

 

5) Rutin Menjaga Kulit dari Polusi dan Sinar UV

Anda yang lalai memakai sunscreen sehari-hari sebaiknya mulai berhati-hati. Karena pasalnya, dengan konsumsi kolagen harian yang tercukupi pun, semuanya akan percuma jika tidak diimbangi proteksi yang cukup.

Sel-sel kulit kita selalu mengalami siklus diperbaharui, rusak, lalu diperbaharui lagi. Salah satu faktor yang paling menyumbang proses ini adalah lingkungan. Di mana, kita sering terpapar sinar matahari, polusi, sinar UV, radiasi ponsel, dan banyak lagi.

Ibaratnya, tak peduli kolagen memperbaiki kulit Anda berapa kali pun, prosesnya akan dirusak jika kulit yang sedang disembuhkan itu keburu terkena sinar jahat matahari. Maka dari itu, luangkan dana Anda untuk sunscreen yang bagus dan juga memakai payung atau topi bila harus bepergian.

Bagikan Artikel ini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *