Awas, Waspadai 5 Faktor Perusak Kolagen Berikut

[et_pb_section][et_pb_row][et_pb_column type=”4_4″][et_pb_text]

Kolagen sering diidentikkan dengan kecantikan kulit dan sel penting yang membantu merawat dan menjadikan tampilan kulit yang awet muda. Namun, gaya hidup yang Anda jalani bisa memperlambat dan merusak proses produksi kolagen dalam tubuh.

Sebenarnya apa itu kolagen? Kolagen adalah kandungan protein paling banyak pada tubuh manusia, bisa ditemukan di otot, kulit, tulang, ligamen, dan tulang rawan. Fungsi kolagen untuk kecantikan kulit dan kesehatan tubuh sangatlah penting yaitu:

Mempertahankan elastisitas kulit
Merekatkan tulang dan otot
Melindungi organ-organ tubuh
Menciptakan struktur antara pesendian dan otot

Kolagen secara alami diproduksi oleh tubuh, tapi beberapa faktor berikut bisa memperlambat dan merusak proses produksi kolagen dalam tubuh, di antaranya:

1. Stres yang diakibatkan faktor lingkungan dan gaya hidup

Polusi dan radikal bebas dari lingkunan bisa mengurangi produksi sel sekaligus berdampak pada pengurangan elastisitas kulit.

2. Konsumsi gula berlebih

Konsumsi gula berlebih akan mengakibatkan molekul gula melekat pada protein yang akhirnya akan melemahkan kolagen, menjadikannya kering dan mudah rusak.

3. Paparan sinar matahari berlebih

Sinar UV ternyata juga merusak dan menghancurkan kolagen yang berada di lapisan dermis, sehingga menciptakan serat-serat elastin yang tidak normal dan berujung membentuk kerutan pada kulit.

4. Perubahan genetik dan penyakit autoimun

Perubahan genetik pada tubuh serta mereka yang mengidap penyakit autoimun bisa menyebabkan penurunan dan penyerangan kolagen dari antibodi.

5. Bertambahnya usia

Yang terakhir ini, adalah proses yang tidak bisa dihindari. Seiring bertambahnya usia Anda, produksi kolagen alami dalam tubuh secara otomatis berkurang. Berkurangnya produksi kolagen inilah yang jadi penyebab proses penuaan pada tubuh terutama kulit, seperti kerut dan noda-noda hitam yang muncul saat usia Anda bertambah.

[/et_pb_text][/et_pb_column][/et_pb_row][/et_pb_section]

Bagikan Artikel ini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *